3 Alasan Banyak Anak Muda Takut Ungkapkan Pendapat

anak muda public speaking training

Apa yang terlintas di pikiran Anda ketika ditanya tentang pemuda? Bisa jadi dia adalah sosok yang energik, aktif, banyak bicara, dan memiliki bermacam kegiatan. Akan tetapi semangat positif yang sering di lakukan oleh pemuda ini sering kali tertimbun saat tampil di depan umum. Mereka malu ketika di hadapi kondisi untuk mengungkapkan pendapat atau hanya sekedar berbicara pada banyak orang.

Berikut ini alasan mengapa banyak anak muda enggan untuk menyampaikan pendapatnya pada khayalak:

Alasan Anak Muda Wajib Ikut Training Public Speaking

1. Merasa Kurang Pengalaman

Saat bergaul dengan teman-teman dekat banyak sekali yang dibicarakan. Sampai hal-hal yang gak penting juga didiskusikan, lengkap dengan literatur buku dan cara penyampaian yang ilmiah. Namun saat disuruh berhadapan dengan banyak orang apalagi dengan orang yang lebih tua secara usia, dirinya minder, gugup, gak percaya diri. Ia merasa kurang pengalaman jika disuruh berhadapan dengan banyak orang, padahal belum tentu orang yang usianya diatas mereka memiliki pengalaman sebanyak dirinya.

2. Takut Salah Bicara

Pada dasarnya tidak ada manusia yang sempurna, begitu juga saat Anda mengunggkapkan pendapat. Kesalahan dalam mengungkapkan pendapat justru seharusnya menjadi pelajaran agar lebih siap lagi menyiapkan bahan pembicaraan yang ingin disampaikan. Intinya jangan malu dan takut salah bicara, karena kesalahan itulah yang akan membuat Anda semakin matang dan berkembang.

3. Takut dibilang Show off

Ada istilah anak muda zaman sekarang ‘show off banget sih lo’ yang bisa di artikan senang pamer. Nah banyak anak muda yang malas untuk tampil mengunggkapkan pendapat dengan banyak orang karena takut dibilang pamer, sok pintar, cari perhatian. Di sini Anda harus tahu dan mampu membedakan mana pamer untuk konteks kebaikan dan keburukan. Dalam hal mengunggkapkan pendapat, justru adalah show off yang baik. Bukan hanya baik untuk diri sendiri namun juga mereka yang mendengar pendapat Anda.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s