Anda Guru atau Dosen? Terapkan Public Speaking Ini Sebagai Pengajar

pelatihan public speaking untuk guru

Tahukah Anda bahwa kata ‘Guru’ berasal dari bahasa Sanskerta? ‘Guru’ terdiri atas dua suku kata yaitu ‘gu’ dan ‘ru’. Gu berarti kegelapan, sementara Ru berarti penghancur. sehingga jika digabungkan kedua suku kata tersebut guru kurang lebih bisa diartikan ‘penghancur kegelapan’.

Dari definisi di atas, tugas guru bukan hanya mengajar dan memberikan materi di kelas kepada murid-muridnya. Akan tetapi lebih dari itu, guru juga harus mampu membawa perubahan kepada muridnya. Dari yang tidak bisa menjadi bisa, dari yang buruk menjadi baik, atau dari yang gelap menjadi terang.

Sayangnya banyak guru yang masih belum bisa membawa pengaruh kepada muridnya. Jika Anda salah satunya, maka 3 skill public speaking berikut bisa menjadi solusinya.

Pelatihan Public Speaking Untuk Pengajar

1 The Strong “Why”

Penting sekali dalam public speaking untuk menekankan aspek WHY. Tanyakan pada pribadi Anda, cocokkah saya membawakan materi ini? Efektifkah materi ini saya sampaikan kepada murid-murid ini? Apa manfaat bagi saya dan murid saya untuk mempelajari hal ini?

Pertanyaan tadi perlu Anda tanyakan sebelum membawakan materi di kelas. Jika jawabannya adalah TIDAK, maka Anda perlu introspeksi lagi untuk menemukan jawaban yang tepat.

2 Perbanyak Contoh

Banyak murid yang kesulitan untuk mencerna kata-kata yang terlalu ilmiah yang ada dalam buku. Untuk itu tugas Anda sebagai guru harus memberikan penjabaran yang tepat dari kesulitan pemahaman tadi. Memberikan contoh konkrit atas konsep yang sulit dimengerti adalah cara ampuh untuk mengoptimalkan public speaking kepada murid-murid Anda.

3 Jadi Teladan

Inilah alasan utama banyak guru yang gagal membimbing muridnya, ya! tidak mampu memberi teladan yang baik. Tidak hanya dalam perkataan, seorang guru juga harus menjadi panutan bagi muridnya dari setiap perbuatan yang ia lakukan. Begitu pula dalam public speaking, semakin Anda bersikap baik kepada audiens, maka akan semakin antusias mereka mendengar presentasi Anda.

Semoga 3 skill dasar dalam public speaking tadi, bisa membantu Anda untuk menjadi seorang guru teladan.

sumber: esq165.id

Pelatihan 20 Tips Lancar Public Speaking
Benarkah Jago Bicara Merupakan Bakat?

3 Tips Hilangkan Rasa Tidak Percaya Diri Saat Pelatihan Public Speaking

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s