Public Speaking Adalah Keahlian Tampil Di Depan Khalayak

Apa itu Public Speaking?

Public Speaking adalah kemampuan berbicara di depan umum dengan tujuan agar pendengar (audience) mampu menangkap pesan yang di sampaikan oleh public speaker dengan baik, dan berpengaruh terhadap audience yang mendengarkannya. Public speaking wajib dimiliki oleh semua orang terutama seorang pemimpin.

Meski demikian public speaking tidak mengenal apa latar belakang profesi dan pendidikan Anda. Dalam sebuah organisasi apalagi sebuah perusahaan, Anda wajib memiliki keahlian public speaking untuk menyuarakan ide, gagasan dan pembicaraan pada banyak orang.

Lalu, apa saja tips public speaking skills yang perlu Anda kuasai agar terampil berbicara di depan umum?

Untuk ahli public speaking dengan cepat, Anda bisa mengikuti training public speaking yang di selenggarakan oleh ESQ.

Public Speaking Adalah

Training Public Speaking ESQ

ESQ leadership center merupakan sebuah sarana yang di dirikan oleh Dr.HC Ary Ginanjar Agustian untuk meningkatkan karakter dan kemimpin bangsa Indonesia. ESQ telah memiliki 1,5 alumni yang tersebar bukan hanya di seluruh penjuru Indonesia, namun juga mancanegara. ESQ telah membantu alumninya untuk mampu berbicara di depan umum (public speaking) dengan penuh rasa percaya diri dan memiliki pengaruh sebagai pemimpin yang berkarakter.

Berikut ini adalah tips agar Anda mampu tampil baik di depan umum sebagai public speaker:

Tips Public Speaking

public speaking - esq

1. Ketahui topik pembicaraan yang Anda sampaikan

Pertama-pertama Anda harus kuasai topik yang Anda sajikan. Belajari dengan baik materi yang ingin disampaikan dan fokus dengan poin-poin yang ingin Anda utarakan. Dengan menguasai tema pembicaraan otomatis rasa grogi yang Anda miliki juga akan hilang dengan sendirinya. Pahami pula rangkaian pesan yang ingin Anda sajikan, jangan sampai Anda menyampaikannya dengan rumit dan susah dipahami.

2. Ketahui siapa pendengar dan lokasi

Setelah itu, Anda wajib mengenal siapa yang hadir dalam presentasi atau pidato tersebut. Ketahui juga dimana saat itu Anda melakukan performs. Jika Anda melakukan presentasi di depan profesional dan para ilmuwan maka gunakanlah kalimat yang teknis dan akademis. Namun jika berbeda, maka gunakanlah kalimat yang mudah di mengerti dan banyak orang tahu. Setiap orang yang mendengar mempunyai pendekatan yang berbeda-beda untuk menyampaikan pesan Anda.

Kenali juga tempat Anda tampil. Jika di dukung dengan sound system dan layar presentasi yang besar semakin menunjang keberhasilan public speaking Anda.

3. Hindari kata maaf

Dalam melakukan presentasi public speaking, kesalahan yang Anda buat atau hal yang terlewat itu sangatlah wajah. Oleh sebab itu, jika Anda mengalami kesalahan tersebut di beberapa sesi presentasi yang Anda bawakan, janganlah gugup dan grogi. Jangan sampai Anda mengeluarkan kata maaf, karena audiens ingin Anda tampil maksimal selama Anda berada di depan pentas.

4. Terus berpikir positif

selama berada di atas panggung, bayangkan bahwa Anda sedang menyampaikan materi yang meyakinkan. Bayangkan Anda memberikan presentasi terbaik yang orang lain belum tentu bisa membawakannya. Pikiran positif seperi ini membuat Anda semakin nyaman dan santai hingga mampu memberikan speech terbaik dan menarik.

5. Fokus pada pesan Anda, bukan pada penampilan Anda

Banyak orang yang baru tampil di depan umum membiarkan rasa kurang pede menguasai dirinya. Inilah kesalahan fatal yang perlu di buang. Janganlah fokus kepada diri Anda, namun fokuslah pada pesan yang ingin Anda sampaikan. Terakhir jangan lupa untuk terus melatih diri dan meningkatkan keterampilan dengan terus belajar akan presentasi public speaking yang Anda sampaikan berjalan sukses dan lancar.

Baca Juga:
Pelatihan 20 Tips Lancar Public Speaking
Benarkah Jago Bicara Merupakan Bakat?

3 Tips Hilangkan Rasa Tidak Percaya Diri Saat Pelatihan Public Speaking

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s