Mempersiapkan Bahan Pembelajaran dan Media yang Digunakan

Lembaga Sertifikasi Profesi ESQ 165

Siapa yang tak pernah melakukan presentasi? Apalagi bagi Anda yang berprofesi sebagai Trainer apapun pengajar baik guru maupun dosen. Pasti di setiap kesempatan Anda melakukan presentasi, ya kan? Namun, apakah Anda sudah mempersiapkan presentasi Anda dengan baik?

Sebelum melakukan presentasi, Anda harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Dari materinya, slide presentasinya hingga penyajian presentasinya.

Tips Presentasi

Slide presentasi yang Anda tampilkan harus semenarik mungkin, agar orang yang mendengarkan Anda berbicara tidak merasa bosan dan pesan yang akan Anda sampaikan bisa tersampaikan dengan baik.

Setelah itu, sebelum presentasi dimulai ada baiknya Anda mengecek terlebih dahulu apakah slide yang akan Anda presentasikan sudah sempurna. Tidak ada kalimat-kalimat yang typo.

Setelah slide siap, kemudian pastikan laptop Anda terisi baterai dengan full atau Anda sudah menyiapkan alat charger jika sewaktu-waktu laptop Anda kehabisan baterai.

Setelah itu, Anda juga disarankan untuk membawa pointer yang dipakai pada saat presentasi. Ini menjadi hal yang sudah biasa saat melakukan presentasi. Ini memudahkan Anda untuk menunjuk sesuatu yang ingin Anda sampaikan kepada audiens.

Selain itu, Anda juga perlu memberi audiens berupa slide presentasi dalam selembar kertas. Karena tidak semua peserta akan langsung menangkap apa yang disampaikan secara verbal. Ada yang lebh mengerti dengan membaca sebuah tulisan.

Dan masih banyak lagi hal-hal kecil yang membawa dampak besar untuk presentasi yang akan Anda bawakan.

Ada baiknya Anda paham betul dengan setiap detail yang diperlukan saat presentasi.

Bagaimana dengan Anda? Apa yang biasanya Anda siapkan saat presentasi?

Siapkan presentasi terbaik Anda dengan mengikuti pelatihan training for trainer dari lembaga sertifikasi profesi ESQ..

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s