5 Langkah Berikut Wajib Dilakukan Saat Public Speaking

Kemampuan berbicara di depan umum (public speaking) sangat penting, baik dalam kehidupan pribadi mahupun karier Anda saat ini.

Bahkan, jika Anda tidak berkecimpung dalam bidang public speaking, Anda dapat mengembangkan kemampuan serta meningkatkan rasa percaya diri dan mengurangi kecemasan ketika Anda diminta untuk berbicara di depan umum. Berikut tips public speaking yang banyak dijumpai dalam beberapa training public speaking di dunia:

1. Ramah dan Rileks✔

Pembicara yang baik tampil percaya diri, ramah, semangat, dan energik. Keyakinan ini berasal dari pemilihan topik yang Anda sukai dan teliti dengan baik. Keramahan Anda blh ditunjukkan dengan tersenyum pada audiens. Antusiasme dan energik secara alami akan mengikuti ketika Anda menikmati topik yang sudah dipersiapkan dengan baik.

2. Kontrol suara✔

Suara merupakan alat utama yang akan Anda gunakan ketika bicara di depan umum. Salah satu keterampilan kunci untuk meningkatkan kualiti suara Anda adalah berlatih bernafas dari diafragma Anda, bukan dada.

3. Bahasa tubuh✔

Berlatih bagaimana berbicara kepada audiens saja tidaklah cukup. Anda juga penting untuk mempertimbangkan bahasa tubuh dan pesan yang akan Anda sampaikan.

Selain itu, Anda juga harus menyadari ekspresi wajah. Ekspresi wajah harus sesuai dengan pesan yang akan disampaikan.

4. Penyampaian✔

Ketika berbicara di depan umum, penyampaian adalah segalanya, bahkan jika Anda memiliki suara besar dan bahasa tubuh yang baik. Pesan yang Anda sampaikan akan tersesat jika audiens tidak bisa dengan mudah mengikuti apa yang Anda katakan.

5. Hubungan dengan audiens✔

Pembicara yang baik selaras dengan audiens mereka. Berbicara di depan umum bukan sekadar berdiri di depan kelompok dan berbicara. Akui audiens Anda dan mulailah berbicara setelah semua mata tertuju pada Anda.

Baca Juga:

Promo Diskon Training ESQ Quantum Excellence Batch.3
Seminar ESQ Bisnis “Taktik Kilat Jutawan Muda”
Percaya Gak? Training Public Speaking Bisa Ningkatin Kualitas Hidup

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s